USE GLOBALTHENEWS TRANSLATOR TO CHANGE THE PAGE LANGUAGE

Fitur - fitur Microsoft Word 2007


Untuk menyelesaikan salah satu tugas mata kuliah perangkat lunak aplikasi, Saya membuat contoh - contoh fitur yang ada pada microsoft word 2007 dan menjelaskan langkah - langkahnya.
Microsoft Word mungkin adalah sebuah aplikasi yang paling banyak digunakan saat ini untuk keperluan word processing (pengolah kata). Namun apakah kita sudah mengetahui dan pernah memanfaatkan semua fitur – fitur yang ada di dalamnya.

Dalam tulisan saya kali ini, saya akan mencoba membahas fitur - fitur yg ada di dalam Microsoft Word 2007 yang bisa dibilang mungkin anda pun baru tahu bahwa Microsoft Word punya fitur secanggih ini. Saya dapat bicara seperti ini, karena saya sendiri telah mengalaminya.


Word Art
Fitur Word Art mungkin semua sudah banyak yg tau dan mengenal. Ada pula yg mungkin lupa apa itu word art. Secara tidak semua orang suka mengetik di MS Word 2007. Word art digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik. Dengan fasilitas ini user bisa menyisipkan tulisan-tulisan artistik 3 dimensi dan efek-efek lainnya. User akan diminta untuk memilih salah satu jenis Wordart, kemudian mengetikkan teks setelah terdapat perintah “Your Text here” dan dengan satu langkah lagi user sudah membuat teks dengan gaya dan efek yang fantastik.



Klik tab menu Insert  > Pada kolom text pilih Word Art > Pilih jenis Word Art > Masukan Kata > Pilih font dan Aply setelah selesai .
Maka akan tampil pada lembar kerja Yulisan dengan fitur Word Art Seperti gambar di bawah ini

Drop Cap
Drop Cap adalah huruf awal suatu paragraph yang diperbesar. Maksudnya huruf pada awal suatu paragraph besarnya beberapa baris lebih besar daripada huruf-huruf lainnya. Besarnya huruf pada awal paragraph ini bisa diatur beberapa baris dari tulisan dan jarak antara drop cap dan tulisan yang lain.
Seperti yg d tunjuk panah pertama.

Underline,Bold & Italic
Underline adalah garis bawah yg di buat di bawah kata atau kalimat. Tepat di bagian bawah bisa sebagai menandai kata dengan garis bawah
Contoh di tunjuk panah ke dua


Bold adalah mempertebal tulisan atau kata seperti yg saya lakukan pada awal tiap penjelasan per poin.Berguna untuk menegaskan atau memberi tanda pada kata itu sendiri. Sehingga ketebalan suatu kata dan huruf lebih tebal dan berbeda dengan kata yg tidak di bold
Contoh di tandai dalam persegi panjang Warna pink no 3.

Italic adalah fitru dengan tulisan miring yg biasanya kita jumpai dalam suatu bacaan. Biasanya tulisan miring memberi tanda dengan maksud tertentu. ciri cirinya tulisan ini miring ke kanan
contoh pada no 4.

 

Strikethrough
Strikethrough adalah Teks dengan garis tengah atau teks yang dicoret biasanya dipakai untuk menyatakan pilihan yang tidak dipilih atau suatu teks yang salah. Dalam penulisan manual bisa dikatakan tulisan yang dicoret. Format dengan pilihan tersebut biasanya dalam bentuk blanko yang harus diisi oleh seseorang yang dalam pengisiannya diharuskan memilih salah satu dari beberapa pilihan. Biasanya pilihan tersebut merupakan isian identitas (ID) seseorang.
Contohnya adalah :

Nama : Erix
Jenis kelamin : laki-laki/perempuan
Agama : Islam/Kristen/Hindu/Budha/Protestan/Konghucu

atau pada MS Word contoh no 5.

Subcript & Superscript
Subcript adalah bilangan atau huruf kecil seperti pangkat di bawah
contoh no 6.

Superscript adalah fitur membuat perpangkatan di atas yg terdapat pada ms word
contoh no 7.
 

Picture Styles
Picture Styles memberi efek pada foto atau gambar yg di sisipkan pada ms word. Agar memberi kesan yg lebih menarik menggunakan efek picture styles (PADA NO 1). Dengan menggunakan efek miring,shadow ,serta ada preset yg tersedia untuk picture effect ( PADA NO 2).
double klik pada gambar > di menu atas muncul tab format > pada kolom picture styles bisa di pilih berbagai macam efek .



Hyperlink
Hyperlink berfungsi untuk menyisipkan Link atau tautan-tautan pada dokumen kita. Yang sering digunakan adalah Hyperlink. Dengan Hyperlink ini maka suatu teks bisa ditautkan ke halaman atau bahkan suatu website.
insert > di kolom links >  hyperlink (masukan url file di pc atau web)
contoh no 1 

Text Highlight color & Font Color
Text Highlight color berfungsi mewarnai bagian belakang latar text atau teks yang diberi warna latar belakang biasa kita gunakan untuk menandakan bahwa teks tersebut pentig.
Conth No 2

Font Color berfungsi mewarnai jenis font atau merubah warna pada huruf yg di gunakan
Contoh no 2
Outside
Outside berfungsi memberi garis de sekitar tex yang kita inginkan yg akan membentuk 1 kotak pada sebuah paragraf
Contoh NO 3.

Line Spacing 
Line Spacing berfungsi memberi jarak antar perbaris kata agar tidak saling berdempetan. 
Pada contoh saya menggunakan line space 2.0
Contoh No 4
 


Text wrapping
Text wrapping berfungsi mengatur tata letak suatu object,berupa sisipan gambar,word art, dan lain - lain .
Seperti contoh No 1 menggunakan text wrapping ( Through ) agar posisi bisa dimana saja.
Sedangkan Contoh No 2 menggunakan text wrapping (Send To Back) untuk membuat object berada pada bagian belakang objek lain, seperti di bagian belakang text


Align Text Right,center & Justfy
Align text Right membuat perataan text di sebelah kanan ( Contoh NO 3 pada gambar di atas)
Center Text Mengetengahkan Text sejajar di tengah ( Contoh No 2 )
Justfy Membuat perataan pada sisi kiri dan kanan ( Contoh No 1 )



Table
Table berguna membuat table pada microsoft word seperti yg tersedia pada microsoft excel
Contoh No 1.


Clip Art
Clip Art adalah gambar/logo yg di sediakan oleh MS Office untuk di sisipkan ke dalam lembar kerja.
Contoh No 2.
Auto Shapes
Auto Shapes adalah objek-objek dengan bentuk tertentu yang dapat disisipkan ke dalam dokumen. Objek-objek tersebut antara lain bentuk garis, lingkaran, persegiempat, dan lainnya. Objek-objek tersebut dapat disisipkan dengan memilihnya pada Tab  Insert > Colom Ilustrations > Shapes dan klik maka akan muncul banyak jenis - jenis auto shapes

1.Lines
2.Basic Shapes
3.Block Arrows
4.Flow Chart
5.Call Outs
6.Stars And Banners



SmartArt
SmartArt adalah sebuah tampilan visual dari sebuah informasi yang dapat kita buat dengan mudah dan cepat. Bentuk SmartArt bisa kita pilih sesuka kita. SmartArt biasa digunakan untuk menunjukkan sebuah diagram atau proses. Misalnya dapat dilihat pada gambar No 1. Di bawah ini


Chart
Chart adalah Grafik pada sebuah dokumen sangat diperlukan untuk menunjang sebuah informasi atau presentasi.Berikut Contoh No 1. Chart yg terdapat pada microsoft word 2007 
 



Text Box
Text Box berguna Menyisip kotak teks ( Mengetik Teks dalam kotak) sehingga tidak bercampur dengan text lain. Biasanya hal penting yg di ketik di text ini )
Contoh No 1.

Equation
Equation opsi sebagai tempat untuk membuat rumus - rumus matematika pada ms office. Mempermudah pengerjaan Segalahal bidang matematik dalam word.
Contoh No 2.


Symbol
Symbol berguna  menambahkan karakter atau simbol simbol kedalam ms word
Contoh No 1


Page Columns
Page Columns berguna membagi dua atai lebih kolom yg ada pada 1 page. contoh pada No 1.  satu page terbagi menjadi 2 kolom untuk pengetikan

Page Borders
Page Borders adalah garis pinggir pada layout lembar kerja berguna hanya menghias memperbagus lembar kerja. Seperti contoh No 2.


Watermark & Page Color
Watermark berguba Memberi label kepemilikan (ownership) pada lembar kerja MS word dengan tulisan agak samar. Contoh No 2.

Page Color
Page Color berguna memberi warna pada page. atau pun memberi warna page menggunakan gambar.Contoh Pada gambar No 1.

Header,Footer & Page Numbering
Header digunakan untuk mengatur kop atau kepala halaman suatu file. Biasanya suatu dokumen resmi perlu dibubuhi kop dari suatu organisasi. Dengan fasilitas Header tersebut, user dapat memberikan serta mengatur format header. Disitu terdapat beberapa format Header yang sudah built-in. User dapat memilih salah satunya yang sesuai. Contoh  pada gambar No 3.

Footer digunakan untuk mengatur atribut suatu halaman berupa kaki halaman. Biasanya di bagian footer berisi nomor halaman serta atribut komplementer lainnya. Seperti halnya header, Footer juga berisi pilihan mengenai format Footer sehingga user tinggal memilih serta melakukan setting seperlunya. Kesamaan antara header dan Footer adalah: jika user sudah membubuhkan keduanya di halaman tertentu maka Header dan Footer di halaman lainnya akan persis sama.Contoh Pada Gambar No 4.

Page Number digunakan untuk melakukan setting terhadap homor halaman. Contoh Pada Gambar No 4.

Bullets And Numbering
Bullet and Numbering adalah Fasilitas untuk memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris
Seperti Gambar Contoh No 1 dan 2 


Cover Page
 Cover Page dibutuhkan saat user ingin membuat halaman sampul dari suatu file yang sedang digarap, merupakan fitur teranyar MS. Word yang sudah built-in sejak MS Word rilisan 2007 yang lalu. User bisa memilih bentuk sampul serta melakukan setting seperlunya, jadilah halaman sampul yang formal tanpa mengurangi nilai estetika. Contoh pada gambar No 1
Sekian penjelasan fitur microsoft word , untuk memenuhi nilai tugas Perangkat Lunak Aplikasi

Reza Ghani Rizal S
Nim : TK121014 
Site : globalthenews.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Please Leave Comment

Next Prev home